• Sabtu, 4 Desember 2021

Indahnya Toleransi, 7 Bridesmaid ini Dampingi Pengantin Meski Beda Agama

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:25 WIB
Persahabatan beda agama (Mahri Priyatno)
Persahabatan beda agama (Mahri Priyatno)

Belum lama ini beredar sebuah video sepasang pengantin tengah didampingi tujuh orang sahabatnya yang ternyata berbeda agama. Tentu saja video tersebut akhirnya jadi bahan perbincangan warganet di berbagai media sosial karena cukup jarang terjadi.

Momen unik tersebut dibagikan oleh seorang wanita bernama Detta melalui akun TikTok pribadinya. Dalam video tersebut, ia memperlihatkan bagaimana tujuh orang sahabatnya yang berbeda agama mendampinginya pada acara pemberkatan pernikahan di sebuah gereja yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan.

Hal tersebut yang membuat publik di jagat dunia maya pun memuji persahabatan sang pengantin. Pada video yang beredar, tujuh orang wanita mengenakan hijab terlihat mendampingi Detta ketika acara pemberkatan pernikahan di gereja. Meski berbeda keyakinan, mereka tetap terlihat kompak saling mendukung satu sama lain.

Bukan itu saja, ketujuh orang wanita tadi juga terlihat berfoto bersama dengan sahabat mereka dengan latar belakang gereja. Tak ayal, banyak pihak yang menganggap hal tersebut sebagai salah satu bentuk toleransi yang patut diteladani, terutama untuk kaum muda.

Menurut pengakuan dari Detta, ketujuh orang sahabatnya tersebut juga tak segan membantu melayani para tamu undangan di rumahnya ketika resepsi pernikahan berlangsung. Bahkan, ketujuh bridesmaid itu turut memeriahkan pernikahan sahabat kesayangannya itu.

Sejak kecil hingga akhirnya menikah, Detta mengaku bahwa dirinya selalu hidup di lingkungan Muslim. Jadi tak heran jika kemudian dia berteman dan bersahabat dengan mereka yang berbeda agama.
Terlihat dari sejumlah video yang diunggah melalui akun TikTok Detta, para sahabatnya itu terlihat begitu bahagia melihat Detta akhirnya melepas masa lajang. Bahkan, mereka turut memeriahkan pesta dengan membawa balon hingga melayani satu per satu tamu yang hadir.

Tips jitu merawat persahabatan berbeda iman

Seperti halnya Detta dan ketujuh sahabatnya, berteman tak perlu memandang ras ataupun agama yang dianut. Setiap orang memiliki hak untuk menjalin perhsabatan dengan siapa saja yang berbeda keyakinan.

Lantas, apa saja tips membangun dan merawat persahabatan meski berbeda agama?

Menghormati setiap hak dan kewajiban antar sahabat

Meski sering beraktivitas bersama, bukan berarti apa yang dilakukan dengan para sahabat harus sama. Pahami, bahwa setiap agama memiliki aturan dan larangan tertentu yang harus ditaati. Jangan pernah berdebat untuk sekadar mencari pembenaran atas keyakinan masing-masing melainkan demi menjaga keharmonisan persahabatan.

Perhatikan kualitas bukan kuantitas

Ketahuilah, bahwa persahabatan yang sehat bukan ditandai dengan seberapa sering jalan atau nongkrong bareng. Satu hal yang paling penting adalah kenyamanan. Oleh sebab itu, coba hargai setiap orang yang berlabel sahabat ini dengan mendengarkan keluh kesah mereka tanpa penghakiman.

Hindari pembicaraan mengenai topik yang sensitif
Sebaiknya, topik soal agama tidak terlalu sering dibahas. Biarkan saja setiap orang memikirkan agamanya masing-masing. Ingat, pada dasarnya semua agama diciptakan demi kedamaian di dunia.

Mengutamakan keterbukaan

Pastikan untuk selalu terbuka dengan para sahabat yang dimiliki. Jika ada hal-hal yang mengganjal sebaiknya utarakan saja. Sebab, jika dibiarkan mengendap terlalu lama dalam benak dan hati bisa berpotensi merapuhkan hubungan persahabatan yang terjalin.

Secara garis besar, merawat hubungan persahabatan dengan mereka yang berbeda agama hanya membutuhkan satu kunci utama, yaitu perlakukan mereka seperti kita ingin diperlakukan sebagaimana mestinya.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Berbagi Semangat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X