• Sabtu, 4 Desember 2021

Permintaan Nyeleneh Wanita Ini Saat Makan Bakso Viral, Akui Tak Ada yang Aneh

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:27 WIB
Bakso  (Mahri Priyatno)
Bakso (Mahri Priyatno)

Baru-baru ini beredar sebuah video yang menampilkan seorang wanita sedang membeli semangkuk bakso. Namun masalahnya, wanita tersebut menyebutkan satu permintaan yang agak nyeleneh. Tak heran jika kemudian aksi yang dibagikan melalui akun TikTok @bellaandgerry itu mendadak viral di berbagai media sosial.

Pada unggahan tersebut, wanita yang diketahui bernama Bella itu sengaja mendatangi sebuah warung bakso. Tanpa banyak pikir panjang, ia lantas memesan semangkuk bakso tapi tanpa bakso.
Mendengar hal tersebut tentu sang penjual sempat terkejut dan heran. Bahkan, ia bertanya dua kali pada Bella sebelum akhirnya memutuskan untuk tetap membuat pesanan aneh tersebut.

Siapa sangka, bakso yang disajikan di warung tersebut ternyata memiliki kuah super pedas berwarna merah menyala. Tentu saja, Bella tak keberatan dengan kuah pedas tersebut karena memang itu alasan dia datang.

Sang penjual kembali mendatangi Bella dan menawarkan apakah wanita itu ingin menambah sepiring nasi atau tidak. Tanpa ragu, Bella mengatakan ingin diberi tambahan satu porsi nasi. Tak lama kemudian, datang sepiring nasi yang disiram kuah bakso pedas dilengkapi perasan jeruk nipis. Makanan yang tersaji tersebut hanya dihargai Rp 5 ribu.

Bagian paling menariknya, Bella menyantap nasi beserta kuah bakso pedas itu tanpa sendok. Wanita ini hanya menggunakan sarung tangan plastik dan bergegas menyantapnya. Bella terlihat begitu menikmati pesanan uniknya. Bahkan, ia mengatakan rasanya bakal semakin mantap jika ditambah kecap.

Alhasil, video unik itu pun ramai diperbincangkan dan menarik banyak perhatian dari warganet. Tak ayal, beragam komentar memenuhi unggahan tersebut.

Risiko mengonsumsi makanan pedas bagi tubuh

Memang tak bisa dipungkiri jika sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan serba pedas. Namun perlu diketahui, bahwa ternyata pedas bukanlah rasa. Pedas adalah suatu sensasi yang muncul akibat reaksi zat kimia yang dikenal dengan nama capsaicin.

Jika sensasi ini dikonsumsi dengan cara yang benar dan pas, maka makanan pedas bisa memberi manfaat untuk tubuh. Pun sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan, makanan pedas justru membahayakan tubuh.

Seseorang dengan riwayat penyakit maag bisa mengalami peningkatan asam lambung karena konsumsi makanan pedas. Pasalnya, cabai juga bisa membuat dinding lambung mengalami iritasi. Inilah yang kemudian jadi penyebab asam lambung meningkat secara signifikan.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang cenderung merasa mulas setelah mengonsumsi makanan pedas. Sebab, makanan pedas bisa mempercepat gerakan pada usus yang memudahkan terjadinya diare.

Bagi beberapa orang, makanan pedas juga bisa memicu reflux asam yang merupakan suatu kondisi di mana terdapat aliran balik dari isi lambung menuju kerongkongan. Kondisi ini yang kemudian memicu rasa panas seperti terbakar di saluran kerongkongan.

Reflux asam ini juga bisa memicu terjadinya GERD, luka di area kerongkongan, hingga atypical syndrome yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jadi, benarkah makanan pedas berbahaya dan tak layak konsumsi?

Sebenarnya, makanan pedas dikatakan berbahaya bagi tubuh tergantung dari level kepedasan makanan yang dikonsumsi. Bukan itu saja, risikonya juga bisa dilihat dari seberapa banyak cabai yang dimakan.

Para ahli menemukan fakta, bahwa orang yang mengonsumsi cabai lebih dari 50 gram per hari secara teratur akan berisiko mengalami penurunan kognitif hingga dua kali lebih besar. Kondisi tersebut tentu jauh jika dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi cabai kurang dari jumlah tersebut.

Kesimpulannya, tak masalah jika ingin makan pedas. Pasalnya, kandungan capsaicin pada cabai sebenarnya bisa memberi manfaat yang baik. Akan tetapi, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak membahayakan tubuh.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X