• Sabtu, 4 Desember 2021

Halyna Hutchins, Sinematografer yang Tewas Tertembak Alec Baldwin di Lokasi Syuting

- Senin, 25 Oktober 2021 | 08:27 WIB
Halyna Hutchins (Mahri Priyatno)
Halyna Hutchins (Mahri Priyatno)

Industri hiburan dunia tengah berduka lantaran Halyna Hutchins yang dikenal sebagai salah satu sinematografer perempuan terhebat meninggal dunia. Diketahui, Halyna meninggal usai Alec Baldwin tak sengaja menembak menggunakan senjata properti di lokasi syuting film Rust.

Halyna tertembak tepat di bagian dada dalam insiden memilukan yang terjadi pada Kamis, 21 Oktober 2021 lalu. Melansir dari BBC, Halyna Hutchins dikenal sebagai seorang director of photography di lokasi syuting Rust.
 
Selama ini, publik mengenal Halyna sebagai seorang seniman luar biasa. Bahkan, American Cinematographer, majalah bulanan yang diterbitkan oleh American Society of Cinematographers sempat menobatkan wanita berbakat ini sebagai salah satu bintang yang tengah naik daun di tahun 2019 lalu. Halyna juga dikenal sempat mengerjakan film superhero independen di tahun 2020, berjudul Archenemy.

Halyna Hutchins, wanita asal Ukraina yang sarat prestasi gemilang

Halyna adalah seorang wanita asal Ukraina yang lahir di tahun 1979 silam. Wanita tersebut memasuki industri perfilman setelah berhasil menyandang gelar di international journalism, Kyiv State University. Setelah rampung mengerjakan film dokumenter di Inggris, Halyna memutuskan untuk pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Saat itu, dirinya berhasil lulus dari conservatory di American Film Institute yang fokus mempelajari soal seni pembuatan film di tahun 2015. Halyna akhirnya mulai bekerja di Hollywood dengan namanya tercantum di credit tittle banyak film. Termasuk di antaranya adalah Blindfire. Bahkan, wanita satu ini juga pernah terlibat dalam penggarapan film horor berjudul Darlin’.

Di tahun 2019 lalu, American Cinematographer akhirnya berkesempatan untuk mewawancarai Halyna. Saat itu, Halyna menjelaskan alasannya pindah dari jurnalisme ke sinematografi.

Menurut Halyna, transisi tersebut dia lakukan saat menggarap sebuah film Inggris di Eropa Timur sehingga mengharuskan untuk bepergian dengan kru ke lokasi terpencil dan melihat seperti apa seorang sinematografer bekerja. Halyna mengaku, dirinya sangat terpesona akan storytelling berbasis karakter nyata.

Sinematografer berbakat sekaligus ibu yang hebat

Kenyataan tewasnya Halyna di lokasi syuting tentu jadi kabar sangat mengejutkan sekaligus memilukan. Sutradara Achenemy, Adam Egypt Mortimer turut mengatakan kepada BBC, bahwa insiden tersebut tak bisa dipercaya.

Halyna adalah seorang seniman luar biasa yang baru saja memulai karier gemilang. Adam juga berpikir, bahwa saat ini orang-orang baru mulai benar-benar memperhatikan siapa Halyna sesungguhnya. Namun fakta bahwa Halyna harus meregang nyawa di lokasi syuting sungguh tak terduga dan tak bisa dibayangkan.

Sementara itu, Catherine Goldschmidt sebagai salah satu rekan sinematografer menggambarkan Halyna sebagai sosok cantik yang hangat, ramah, lucu, menawan, dan tentunya sangat berbakat. Bahkan, Catherine menganggap Halyna sebagai sosok ibu yang teramat hebat.

Alex Fedosov yang juga dikenal sebagai film maker asal Ukraina dan saat ini bekerja di Hollywood pun turut mengutarakan sejuta kenangannya tentang Halyna. Menurut Alex, karier Halyna meningkat begitu pesat. Bagi Alex, Halyna adalah seorang seniman sekaligus visioner. Pria tersebut menambahkan, Halyna adalah director of photography yang memiliki visi dan ide sangat kuat.

Ungkapan kesedihan Alec Baldwin

Terkait insiden penembakan yang terjadi di lokasi syuting Rust, Alec Baldwin turut mengutarakan kesedihan mendalam melalui akun Twitter pribadinya @AlecBaldwin.

Pria itu menulis, ‘Tiada kata yang bisa mengungkap betapa terkejut dan sedihnya saya tentang kecelakaan tragis yang akhirnya merenggut nyawa Halyna Hutchins. Ia seorang istri, ibu, dan rekan kerja yang begitu dikagumi. Hati saya hancur mengingat suaminya, putranya, dan semua yang mengenal sekaligus mencintai, Halyna.’

Unggahan terakhir Halyna

Diketahui, Halyna sempat mengunggah sebuah video di akun Instagram pribadinya pada tanggal 20 Oktober lalu. Di dalam video tersebut, ia sedang menunggang kuda di lokasi syuting. Caption video tersebut berisi, ‘salah satu keuntungan dari syuting film koboi adalah kamu bisa menunggang kuda di hari libur.’

Bisa dikatakan, unggahan tersebut adalah unggahan terakhir dari Halyna Hutchins. Selamat jalan, sinematografer hebat!

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X