• Sabtu, 4 Desember 2021

Terjungkal Akibat Motor Tak Kuat Menanjak, Pemotor Ini Viral dan Tuai Reaksi Warganet

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:04 WIB
Ilustrasi pengendara motor (Mahri Priyatno)
Ilustrasi pengendara motor (Mahri Priyatno)

Sebuah video seorang pengendara sepeda motor tengah membonceng gadis di jalan tanjakan tengah viral baru-baru ini. Video tersebut menarik perhatian warganet, karena sang pengendara berhenti tepat di tengah jalan, padahal dalam kondisi menanjak.

Siapa sangka, ternyata sepeda motor yang dia kendarai tersebut tak kuat berada dalam tanjakan. Tentu saja, si pengendara pria yang sedang membonceng gadis berjilbab itu panik dan kewalahan. Sepeda motor yang dikendarainya pun oleng dan sempat mundur.

Ketika sepeda motor tersebut mundur dan terseok, si pengendara tampak menahan sekuat tenaga agar tidak jatuh. Bahkan, ada seorang pria lain yang bergegas menolongnya dengan cara menarik bagian roda sepeda motor tersebut. Namun, gadis yang ada di boncengan motor justru memilih turun dan berlari menjauh.

Nahas, ketika lari menjauh gadis itu tiba-tiba terjungkal di pinggir jalan. Berbeda dengan pria yang mengendarai motor tadi malah selamat karena bantuan beberapa orang.

Tentu saja, video yang diunggah melalui akun Instagram @infokediriraya itu menarik perhatian warganet. Bahkan, video tersebut sudah ditonton sebanyak 15 ribu kali dan menuai banyak komentar. Akan tetapi, banyak warganet yang justru heran sekaligus kasihan dengan nasib yang menimpa sang gadis tersebut.

Teknik berkendara di jalan tanjakan yang harus diketahui para pengendara motor

Mengendarai motor di jalan tanjakan memang tidak selamanya mudah. Pasalnya, ada beberapa teknik yang perlu diketahui dan dikuasai lebih lanjut. Berikut di antaranya:

Selalu gunakan gigi satu setiap menghadapi tanjakan yang terlalu tinggi

Ketika menghadapi tanjakan yang tinggi, sebaiknya gunakan gigi satu. Sebab, gigi satu memiliki dorongan mesin yang jauh lebih kuat daripada gigi lainnya meski tidak memiliki kecepatan tinggi. Bukan itu saja, gigi satu adalah gigi angkatan sehingga memiliki dorongan ekstra kuat dengan kecepatan rendah yang membuat motor menanjak secara aman dan nyaman.

Akan tetapi, para pengendara juga harus hati-hati jika motor bermasalah. Tak jarang, gigi satu pada motor yang mengalami masalah justru jadi agak liar dan membuat pengendara lebih kaget saat berjalan.

Kombinasikan antara rem depan dan belakang

Mengingat jalanan yang menanjak, tentu saja ada potensi kendaraan meluncur ke belakang karena terlalu curam. Untuk mengurangi risiko tersebut, gunakan perpaduan antara rem depan dan belakang.

Rem belakang memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan laju motor ketika mengangkat menggunakan gigi satu. Dengan begitu, pengendara tak akan kaget ataupun terjungkal.

Sementara rem depan bisa digunakan untuk mengantisipasi potensi motor mundur ke bawah karena tidak kuat menanjak. Namun berhati-hatilah saat menggunakan rem depan. Jika salah menggunakannya, pengendara juga bisa celaka.

Fokus dan perhatikan arah

Hal paling penting yang wajib diperhatikan setiap kali berkendara di jalur tanjakan dengan sepeda motor adalah fokus dengan kondisi sekitar. Baik itu dari arah depan maupun belakang. Terutama saat situasi jalanan sedang macet.

Perhatikan kendaraan yang ada di depan sebagai langkah antisipasi atau penyelamatan diri jika kendaraan tersebut mengalami slip dan meluncur ke bawah. Bukan itu saja, sesekali lihat ke arah belakang dengan spion supaya tidak diseruduk atau jadi korban kendaraan lain yang seenaknya sendiri saat berkendara.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X