• Sabtu, 4 Desember 2021

Viral Seorang Pria yang Sering Nonton ‘Upin Ipin' Justru Berhasil Lolos dari Maut

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:49 WIB
Serial kartun anak-anak 'Upin Ipin' (Mahri Priyatno)
Serial kartun anak-anak 'Upin Ipin' (Mahri Priyatno)

Sebuah kisah unik dibagikan pemilik akun TikTok @mffauzulas pada Jumat, 15 Oktober 2021 kemarin. Melalui sebuah video, @mffauzulas mengunggah rekaman suara seorang pria yang baru saja lolos dari maut berkat serial anak-anak terpopuler, yaitu ‘Upin Ipin’.

Pria yang diketahui bernama Ian dari kontak Whatsapp unggahan video tersebut sangat bersyukur karena sering nonton serial tersebut. Bagaimana tidak, melalui serial kartun ‘Upin Ipin’, dirinya mendapat satu ilmu penting yang bisa membantunya lolos dari bara api sekaligus menyelamatkan rumahnya.

Kejadian berbahaya yang terjadi karena keteledoran

Pria bernama Ian itu mengawali ceritanya dengan membagikan foto kompor yang terdapat di dapur kediamannya. Ternyata, dia nyaris menyebabkan kebakaran besar karena teledor saat hendak menggoreng ayam.

Ia mengaku asyik bermain ponsel sambil menonton televisi ketika tengah menghangatkan ayam. Pria itu lupa jika dirinya tengah memasak dan baru menyadari, tepat setelah kompor di dapur terbakar.

Tentu saja, Ian lantas mencoba memadamkan api di kompor tersebut. Namun, cara yang digunakan salah total. Ia justru menyiramkan air ke atas wajan yang membuat kobaran api semakin membesar.

Api berhasil padam berkat ‘Upin Ipin

Untungnya, Ian ingat akan salah satu tayangan serial favoritnya, ‘Upin Ipin’ yang pernah membahas bagaimana memadamkan api di kompor. Tak pikir panjang, pria tersebut segera mempraktikkannya. Ian segera mengambil kaos yang dibasahi terlebih dulu, kemudian ditutupkan di atas kompor.

Beruntung, api pun padam tak lama kemudian. Dirinya benar-benar tak bisa membayangkan jika hal tersebut tidak segera ditangani dan rumahnya habis dilalap si jago merah.

Tentu saja, unggahan video tersebut menuai beragam reaksi dari warganet. Bahkan, tak sedikit yang takjub karena ternyata serial ‘Upin Ipin’ mampu membantu penggemarnya di kehidupan nyata. Hingga kini, video unggahan akun @mffauzulas tersebut telah ditonton lebih dari 340 ribu kali.

Cara tepat mengatasi kebakaran di dapur

Seperti yang diketahui, dapur merupakan bagian dari hunian yang memiliki risiko cukup besar mengalami kebakaran. Namun sayangnya, sedikit orang yang memiliki pengetahuan sekaligus kesiapan dalam mencegah timbulnya kebakaran yang tak terkendali.

Siapa saja sudah pasti panik ketika menemukan dapur yang terbakar. Oleh sebab itu, coba simak beberapa tips mengatasi kebakaran pada area dapur berikut ini.

Siapkan alat pemadam kebakaran

Ada baiknya untuk selalu menyiapkan alat pemadam kebakaran darurat yang bisa memadamkan api dari berbagai jenis materi mudah terbakar, seperti peralatan elektronik hingga minyak. Minimal, sediakan karung goni di rumah. Sebab, karung goni basah sangat efektif untuk mematikan kebakaran skala kecil.

Jangan lupa untuk mematikan kompor

Hal pertama yang patut dilakukan ketika terjadi kebakaran kompor adalah mematikan atau memutus sambungan kompor dari sumber gas. Pasalnya, sumber gas dari tabung bisa berubah jadi bahaya yang jauh lebih besar. Apalagi jika panas sudah mengenai tabung gas atau sampai terbakar.

Hindari menyiram air ke arah wajan yang terbakar

Pastikan untuk tidak mematikan api dengan cara menyiram air ke dalam wajan. Sebab, air bakal menyebarkan minyak panas dan akhirnya memperluas kebakaran. Tentu saja, hal semacam itu sangat berbahaya karena akan muncul api yang lebih besar, lalu menyembur ke atas dikarenakan suplai oksigen dari air yang telah menguap.

Minyak yang terbakar tersebut memiliki temperatur hingga 1000 derajat celsius. Kontak antara suhu dingin dan panas tinggi akan menyebabkan letupan sekaligus loncatan api yang sangat berbahaya.

Gunakan lap atau kain basah

Jika tidak ada karung goni, gunakan saja lap atau kain basah untuk memadamkan api yang berkobar. Namun jangan sampai kain tersebut terlalu basah supaya air tidak menetes. Tujuan kain basah ini untuk memutus hubungan suplai oksigen yang ada di udara sehingga kobaran api pada minyak berhenti.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X