• Kamis, 28 Oktober 2021

Bikin Syok! Pria Ini Pilih Tetap Berjuang Menghidupi Keluarga Meski Tulang Iga Patah

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:56 WIB
Ilustrasi tulang iga (Mahri Priyatno)
Ilustrasi tulang iga (Mahri Priyatno)

Baru-baru ini, kisah perjuangan seorang pria dalam mencari nafkah untuk keluarganya mencuri perhatian warganet. Bagaimana tidak, pria tersebut memilih untuk tetap bekerja meski beberapa tulang iga di dadanya patah sehingga menimbulkan sesak dan nyeri.

Cerita mengharukan tersebut dibagikan oleh Asa Ibrahim, seorang dokter bedah tulang melalui akun Twitter @asaibrahim pada Senin, 11 Oktober 2021 kemarin. Sang dokter bahkan membuat sebuah utas khusus untuk mengangkat kisah tersebut.
Pada awal utasannya, Asa Ibrahim mengungkapkan rasa takjub luar biasa kepada salah satu pasien yang tengah mengalami nyeri dada akibat benturan. Ketika diperiksa, pasien tersebut juga merasakan napas yang agak sesak.

Mengalami patah tulang iga

Walau merasakan sakit tak terperi, pasien berusia 40 tahun itu tetap memaksakan diri untuk bekerja. Pasalnya, sang pasien masih memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarganya di rumah.

Dokter Asa segera memeriksa kondisi pasien tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen diketahui, ada empat ruas tulang iga yang patah. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri di bagian dada sekaligus sesak napas.

Bekerja sebagai sopir dan tukang angkat barang

Dokter Asa begitu takjub, meski mengalami cedera cukup parah, tetapi pasien tersebut tetap menjalankan tugasnya sebagai sopir dan tukang angkat barang. Padahal, kondisi semacam itu bisa memicu rasa nyeri luar biasa.

Di akhir utas, Dokter Asa mengingatkan warganet mengenai perjuangan sosok ayah sebagai orangtua yang tak kenal lelah dalam menghidupi keluarganya. Bahkan sebagian besar kerap mengabaikan rasa sakit demi mencari nafkah dan membahagiakan keluarga di rumah.

Utasan sang dokter menarik lebih dari 14 ribu tanda suka warganet

Kisah yang diunggah oleh Dokter Asa Ibrahim ternyata berhasil menarik perhatian warganet hingga mengumpulkan sekitar 14 ribu tanda suka. Bahkan, ribuan akun turut membagikan kisah tersebut di berbagai media sosial. Tak sedikit pula komentar haru atas perjuangan pria tersebut kepada keluarganya.

Mengenali risiko bahaya dari patah tulang iga

Patah tulang iga atau tulang rusuk merupakan jenis cedera yang sangat umum terjadi. Biasanya, cedera ini terjadi akibat benturan ataupun pukulan di area dada. Baik itu saat olahraga, jatuh, atau terlibat kecelakaan lalu lintas.
Tentu saja, patah tulang rusuk bisa berakibat fatal. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi di beberapa bagian yang berisiko melukai organ vital tubuh.

Biasanya, patah tulang iga ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua bulan. Biasanya, dokter akan memberi beberapa obat pereda nyeri supaya penderita bisa bernapas dengan baik. Selain itu, pemberian obat ini untuk menghindari komplikasi paru-paru.

Pada sebagian kasus, patah tulang iga bisa berupa retakan saja dan tidak akan berpindah dari posisinya. Alhasil, komplikasi yang terjadi juga tidak akan terlalu tinggi. Namun jika tulang rusuk yang patah jumlahnya banyak atau benturan di area dada terjadi begitu keras, penderita jelas memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius.

Sebab, tulang iga yang patah bisa memiliki tepian tajam dan menjorok hingga rongga dada maupun perut. Pastinya, kondisi semacam ini sangat berisiko membahayakan organ lain yang berada di dalam rongga tersebut.

Mengingat begitu besarnya risiko yang bisa ditimbulkan, penting untuk memeriksakan diri secepatnya ke dokter jika mengalami cedera pada area dada. Dokter akan segera memberi penanganan paling sesuai dengan kondisi pasien. Apabila terdapat tiga tulang rusuk yang patah atau lebih, terjadi kerusakan pada paru atau obat pereda nyeri yang kurang efektif dalam mengatasi rasa sakitnya, bisa jadi dokter akan menyarankan operasi.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Bocah Hanyut di Gorong-Gorong Demi Sandal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X