• Kamis, 28 Oktober 2021

Wanita Ini Syok Saat Belatung Mencuat dari Punggungnya! Bagaimana Bisa?

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 06:34 WIB
Belatung di punggung wanita (Mahri Priyatno)
Belatung di punggung wanita (Mahri Priyatno)

Setiap orang pasti merasa terganggu saat digigit nyamuk karena bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal ataupun bentol pada kulit. Namun siapa sangka, wanita ini justru mengalami rasa sakit hingga keluar belatung parasit dari kulit punggungnya yang disebabkan gigitan nyamuk.

Wanita nahas ini sempat menceritakan momen mengerikan tersebut melalui video unggahannya di Tiktok dengan akun @loudladylibrary. Wanita tersebut menggambarkan, bahwa ia melewati sebuah momen layaknya film horor karena belatung merangkak keluar dari dalam tubuhnya.

Melansir dari Daily Star, awalnya wanita itu hanya merasa seperti sedang mengalami peradangan akibat jerawat di area punggungnya. Namun dari hari ke hari, jerawat itu tak kunjung mereda dan justru semakin terasa sakit. Sayangnya, ketika ia memutuskan untuk memeriksakan diri, dokter mengatakan bahwa peradangan itu berasal dari gigitan laba-laba.  

Wanita itu hanya diberi resep antibiotik dan tak ada tindakan khusus yang dilakukan untuk menghilangkan gejalanya. Sampai di suatu hari, rasa sakit itu semakin menjadi dan sang suami dari wanita tersebut melihat sesuatu yang membuatnya syok.

Setelah delapan minggu berjuang menahan sakit, wanita itu akhirnya tahu bahwa peradangan yang ia kira jerawat ataupun gigitan laba-laba sesuai diagnosis dokter, ternyata larva lalat botfly. Parasit yang tadinya hanya berupa telur itu terus menggemukkan dirinya dengan memakan jaringan tubuh si wanita malang ini selama delapan minggu!

Mengingat kawasan di mana wanita ini tinggal, tak heran jika tubuhnya sempat dijadikan sarang oleh lalat botfly. Pasalnya, kejadian serupa juga kerap dialami penduduk Amerika Serikat yang mungkin sedang sial dan jadi ‘wadah’ mengasyikkan untuk para lalat botfly tersebut menyimpan larva, setelah membajak para nyamuk dengan menitipkan telurnya.

Saat nyamuk menggigit manusia ataupun hewan, telur tersebut masuk ke dalam kulit melalui luka menganga hingga kemudian menetas sebagai respons terhadap panas tubuh.

Tentu saja, video unggahan wanita tersebut sempat menghebohkan linimasa beberapa media sosial. Sejak videonya diunggah, ada lebih dari 213 ribu penonton yang turut meninggalkan komentar.

Apa itu lalat botfly?

Melansir dari situs resmi University of Florida, Amerika Serikat, human bot fly atau lalat bot manusia merupakan lalat yang termasuk dalam klasifikasi keluarga Oestridae. Hampir semua spesies ini hidup sebagai parasit di dalam tubuh mamalia, terutama spesies dermatobia hominis.  

Sebenarnya, lalat bot ini datang dari Amerika Tengah dan Selatan. Biasanya, kasus dermatobia hominis yang menyebabkan terjadinya infeksi parasit pada manusia dilaporkan setelah seseorang sempat bepergian dari kedua kawasan tersebut.

Dermatobia hominis ini tak secara langsung bertelur pada area kulit manusia. Serangga berbahaya ini menumpangkan telurnya kepada seekor nyamuk betina, kemudian nyamuk tersebut secara tidak sengaja menyuntikkan telur-telur tersebut ketika menggigit manusia.

Diketahui, larva ini memiliki dua kait pada bagian anal yang memiliki kemampuan menyemprotkan antibiotik. Tujuannya untuk menghilangkan kompetitor jamur dan bakteri. Nah, kulit yang terinfeksi nantinya akan terus mengalami peradangan sampai seukuran telur angka sebelum akhirnya larva dewasa keluar dari kulit sang inang.
 

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Bocah Hanyut di Gorong-Gorong Demi Sandal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X