• Kamis, 28 Oktober 2021

Patut Diapresiasi! Turis Ini Berhasil Selamatkan Penyu Raksasa yang Terdampar di Tepi Pantai

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:12 WIB
Penyu raksasa terdampar (Mahri Priyatno)
Penyu raksasa terdampar (Mahri Priyatno)

Lagi asyik liburan, siapa sangka jika dua orang pria yang diduga turis asal Amerika Serikat ini justru menyelamatkan seekor penyu raksasa yang bernasib nahas. Bagaimana tidak, hewan itu terdampar di pantai dan nyaris mati. Beruntung, kedua pria tadi berhasil menemukan dan menolong penyu tersebut.

Momen penyelamatan penyu itu dibagikan oleh akun Twitter @DeepWaterLife. Dalam video tersebut terlihat seorang laki-laki yang tengah liburan di sebuah pantai bersama keluarganya. Namun beberapa saat kemudian, ia melihat seekor penyu raksasa berada tepat di pinggir pantai. Mirisnya, posisi tubuh hewan laut itu terbalik dan tertimbun pasir pantai sehingga tak bisa bergerak sedikit pun.

Untungnya, pria tadi bergegas menyelamatkan penyu malang itu. Dengan sigap, ia mengeruk pasir menggunakan tangan kosong. Terlihat jelas dalam video, setengah badan penyu itu tertimbun pasir pantai.

Tak lama kemudian, datang pria lain yang turut membantu mengeruk pasir. Mereka berdua berusaha keras menyelamatkan nyawa penyu yang posisi tubuhnya tengkurap. Mereka benar-benar berjuang agar hewan itu tidak mati begitu saja.

Usaha mereka pun membuahkan hasil. Penyu raksasa itu bisa diselamatkan dan didorong kembali ke laut supaya selamat. Seakan ingin menunjukkan rasa bahagianya, penyu itu langsung berenang meninggalkan dua orang pria yang telah menyelamatkan nyawanya. Alhasil, kedua pria tadi mendapat banyak pujian dari warganet.

Aksi heroik petualang yang menyelamatkan seekor anjing hutan nyaris tenggelam

Tak jauh berbeda dengan kisah dua orang pria yang menyelamatkan penyu di atas, seorang petualangan bernama Justin turut melakukan aksi serupa. Mengutip dari Fox News, saat itu Justin tengah memancing di kawasan Red Deer dan Sungai Saskatchewan Selatan.

Tiba-tiba, Justin mendengar ada suara mencicit dari dalam air. Meski tidak mengetahui hewan apa yang berada di dalam air keruh itu, Justin menceburkan diri ke dalam dinginnya air sungai tanpa pikir panjang. Pria itu berusaha sekuat tenaga mencari asal suara cicitan itu.

Pada akhirnya, Justin berhasil menyelamatkan hewan dengan suara mencicit itu yang ternyata seekor anak anjing coyote berwarna kecokelatan. Justin segera membawa coyote mungil itu kembali ke rakit sebelum hanyut dan terbawa arus sungai.
Ketika diselamatkan dan dibawa ke perahu Justin, anak anjing itu sempat tak sadarkan diri. Justin pun segera melakukan manuver Heimlich yang ia modifikasi untuk membangunkan anak anjing coyote tersebut.

Beruntung, Justin berhasil membuat jenis anjing hutan itu kembali sadar dan bernapas normal. Mereka pun segera kembali ke daratan untuk menghangatkan diri di depan perapian. Dengan berbagai pertimbangan yang dipikirkannya, termasuk keterbatasan layanan internet, Justin akhirnya membawa anak anjing hutan itu pergi bersamanya mengarungi sungai. Justin memberi anak anjing itu nama Yip-Yip. Mereka bersama di atas kapal selama sepuluh hari.

Akhirnya, Justin berhasil menemukan tempat di mana dia bisa mendapatkan sinyal internet dan menghubungi istrinya. Pasangan itu pun segera menghubungi Lembaga Rehabilitasi Satwa Liar Saskatchewan (WRSOS) dan Yip-Yip pun dirawat di tempat tersebut.

Bonnie Dell, selaku Presiden WRSOS mengatakan bahwa keadaan Yip-Yip sangat baik. Bahkan, anak anjing itu cepat beradaptasi dengan anak anjing coyote lain. Pihaknya sangat mengapresiasi aksi Justin. Tanpa kehadiran dan keberanian Justin, bisa jadi Yip-Yip sudah tewas tenggelam.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Bocah Hanyut di Gorong-Gorong Demi Sandal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X