• Kamis, 28 Oktober 2021

Bantu Buka Jalan untuk Ambulans yang Melintas, Aksi Wanita Ini Viral

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 13:38 WIB
Wanita muda bantu buka jalan ambulans (Mahri Priyatno)
Wanita muda bantu buka jalan ambulans (Mahri Priyatno)

Ambulans jadi salah satu jenis kendaraan yang kerap mendapat prioritas ketika melaju di jalanan. Akan tetapi, mobil satu ini tetap kesulitan untuk mendapat akses di jalan meski sirene telah dinyalakan.

Ada begitu banyak video ambulans yang mendadak viral di jagat dunia maya lantaran tidak mendapat prioritas di jalan raya ketika membawa pasien. Namun beberapa waktu belakangan, ada banyak orang yang mulai memperhatikan fenomena satu ini dan beramai-ramai melakukan berbagai aksi heroik di jalanan.

Salah satunya adalah seorang wanita muda yang berinisiatif untuk membuka jalan supaya ambulans bisa melintas bebas hambatan. Sontak, aksi yang terekam dalam sebuah video tersebut viral di media sosial setelah diunggah oleh akun TikTok @opikelsyarma. Tak heran jika aksi mulia sang wanita tersebut menuai pujian dari warganet.

Di dalam video berdurasi cukup singkat itu, terlihat seorang wanita muda mengenakan kaos hitam sedang sibuk membantu supaya ambulans bisa lewat di tengah kepadatan lalu lintas. Di tengah kendaraan lain yang memadati jalanan, wanita itu memberikan isyarat supaya kendaraan-kendaraan di sekitarnya menepi dan memberi jalan untuk ambulans yang hendak melintas.

Aksinya pun direspon dengan baik oleh para pengendara lain. Terbukti dari kendaraan yang tampak menepi sekaligus memberi jalan untuk ambulans sesuai aba-aba yang diberikan sang wanita muda tersebut. Warganet pun terkagum dan salut dengan aksi wanita yang hingga kini belum diketahui siapa sosoknya dalam video itu.

Aksi pria buka jalan ambulans yang terjebak kemacetan lalu lintas tuai beragam reaksi

Bukan hanya wanita muda tadi, aksi serupa ditunjukkan oleh seorang pria melalui unggahan sebuah video Instagram dari akun @viralsekali. Di dalam video tersebut terlihat seorang pria sedang sibuk mengatur jalannya lalu lintas demi membantu mobil darurat alias ambulans keluar dari kemacetan. Pria itu benar-benar tampak berusaha sekuat tenaga agar ambulans bisa segera mendapatkan akses jalan.

Pria yang tidak diketahui identitasnya itu terlihat mengenakan jaket berwarna oranye hitam. Ia sedikit berlari untuk mendahului laju ambulans sekaligus meminta para pengguna mobil maupun motor yang ada di sekitarnya menepi sejenak untuk memberi jalan.

Dalam video tersebut memang tampak arus lalu lintas stagnan. Pasalnya, ada sebuah mobil berukuran besar parkir tepat di pinggir jalan sehingga membuat jalan menyempit layaknya bottle neck. Namun pria tadi seakan tak kenal lelah, ia terus berlari ke tengah lajur hingga ke ujung sumber kemacetan tersebut.

Tak lama kemudian, pria dengan jaket bertuliskan rescue itu mulai meminta satu persatu mobil yang melintas untuk minggir dan berhenti. Dengan begitu, ambulans bisa lewat tepat di lajur tengah. Siapa sangka, usaha pria tersebut membuahkan hasil sehingga ambulans bisa berjalan menembus kepadatan lalu lintas.

Seperti yang diketahui, ambulans merupakan kendaraan yang mendapat hak utama saat di jalan raya. Sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 135 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan.

Di dalam UU tersebut dijelaskan, bahwa kendaraan yang mendapat hak utama berhak mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. Seluruh isyarat ataupun rambu lalu lintas tidak berlaku untuk kendaraan jenis ini, termasuk ambulans.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Bocah Hanyut di Gorong-Gorong Demi Sandal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X