• Kamis, 28 Oktober 2021

Hendak Ditolong, ODGJ Ini Ternyata Memelihara Seekor Hewan di Dalam Rok yang Bikin Syok

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 07:37 WIB
ODGJ pelihara hewan di balik rok (Mahri Priyatno)
ODGJ pelihara hewan di balik rok (Mahri Priyatno)

Tampak sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria tengah menghampiri sekaligus menolong ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang mendadak viral di beberapa media sosial. Dalam video unggahan @kang.simple melalui Tiktok tersebut terlihat seorang pria sedang menghampiri wanita dengan gangguan jiwa yang sedang duduk di pinggir jalan.

Namun pria tersebut kaget bukan kepalang ketika tahu bahwa wanita itu ternyata memiliki seekor hewan peliharaan yang sengaja disimpan di balik roknya.

ODGJ pelihara seekor hewan di balik rok

Pada video tersebut, sang pria cukup dibuat terkejut saat menyadari ada seekor ayam di balik rok yang dipakai wanita tersebut. Namun sayangnya, wanita itu malu dan sedikit takut untuk memperlihatkan hewan peliharaannya. Ia terus berusaha menutupi ayamnya dengan rok.

Pria tersebut memohon agar diperlihatkan ayam peliharaan wanita itu. Tak lama kemudian dia tertawa melihat ayam tersebut yang seakan ingin terus bersembunyi di dalam rok.

Berniat memberi pertolongan

Akhirnya pria itu mengaku hendak memberi bantuan untuk wanita dengan gangguan jiwa tersebut. Bahkan, ia dan beberapa orang rekannya sedang mempersiapkan tempat tinggal khusus bagi wanita itu.

Fakta hewan peliharaan ternyata bisa bantu menyembuhkan gangguan mental

Terlepas dari apa yang dilakukan oleh wanita dengan gangguan jiwa di atas, siapa sangka jika memelihara seekor hewan kerap dikaitkan dengan beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan mental.

Namun ternyata, anggapan itu tak sekadar isapan jempol belaka. Sebab, ada suatu meta-analisis terhadap 17 temuan akademik yang telah berhasil membuktikan manfaat dari memelihara hewan terhadap kesehatan mental, termasuk di antaranya para penderita gangguan jiwa.

Penelitian tersebut juga turut meninjau ulang kesaksian dari beberapa orang penderita gangguan mental yang memelihara hewan. Mereka menyebut, hewan peliharaan menawarkan penghiburan yang memang dibutuhkan.

Bahkan, penelitian itu mengungkap, bahwa memelihara hewan bisa memberi seseorang perasaan mendalam tentang keamanan ontologis. Artinya, perasaan stabil berkelanjutan dan bermakna bagi kehidupan seseorang. Temuan ini pula yang mendorong banyak orangtua memberi anak-anaknya hewan peliharaan.

Pasalnya, memiliki hewan peliharaan membuat anak terhindar dari berbagai gangguan kecemasan dan berhubungan dengan indeks masa tubuh yang terbilang lebih rendah. Menariknya lagi, penelitian itu berhasil membuktikan bahwa memelihara hewan membantu penderita gangguan mental dalam mengelola emosi sekaligus menawarkan pengalihan dari gejala kondisi kesehatan yang dialami.

Dengan kata lain, hewan peliharaan mampu memberi penerimaan tanpa penghakiman. Hewan-hewan tersebut juga akan memberi dukungan tanpa syarat yang seringkali tidak terima dari keluarga ataupun hubungan sosial lainnya.

Bukan itu saja, sang pemilik juga menyebut bahwa hewan peliharaannya seakan memaksa mereka untuk tetap terhubung dengan dunia luar serta melakukan berbagai aktivitas fisik. Inilah yang kemudian membuat orang yang memelihara hewan jadi lebih sehat, baik secara fisik ataupun mental. Memiliki seekor hewan peliharaan juga bisa membantu orang untuk bisa tetap memiliki rasa terhadap identitas, harga diri, sekaligus eksistensi yang kuat.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Bocah Hanyut di Gorong-Gorong Demi Sandal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X