• Kamis, 28 Oktober 2021

Bikin Sakit Hati! Viral Nakes Dituding Lecehkan Ibu Hamil yang Hendak Melahirkan

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 08:58 WIB
Viral nakes lecehkan ibu hamil (Mahri Priyatno)
Viral nakes lecehkan ibu hamil (Mahri Priyatno)

Lagi-lagi, viral oknum tenaga kesehatan atau yang bisa disebut nakes dituding melakukan pelecehan terhadap seorang ibu hamil yang hendak melahirkan. Peristiwa itu terjadi di sebuah Puskesmas yang ada di kawasan Jembatan Lima, Jakarta Barat. Kejadian tak menyenangkan itu diceritakan melalui sebuah akun TikTok @stevfanywijjaya.

Wanita penggunggah video yang bikin sakit hati tersebut mengaku saudara dari sang ibu hamil. Kejadian tersebut bermula saat dirinya akan mengantar saudaranya ke Puskesmas untuk mengecek kondisi kesehatan ibu dan bayi jelang melahirkan. Namun sayangnya, setelah tiba di Puskesmas tersebut, ia dan saudaranya malah diperlakukan tidak sopan oleh beberapa oknum nakes.

Beberapa orang nakes melontarkan kata-kata tak bermoral dan beretika

Menurut pernyataan dari @stevfanywijjaya yang dikutip melalui video TikTok tersebut, para tenaga medis itu mengatakan jika tidak ada suami, maka saudaranya tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS. Sebab, BPJS hanya bisa digunakan saat sang suami hadir di sana. Mirisnya, nakes tersebut memberi informasi tersebut dengan nada ketus.

Tentu saja, @stevfanywijjaya merasa bahwa perkataan nakes tersebut seakan mengecap negatif saudaranya yang memang tidak datang ditemani sang suami. Parahnya lagi, para nakes itu terus saja melontarkan kata-kata yang kurang pantas ketika pasien sedang mengalami kontraksi.

@stevfanywijjaya mengatakan, saudaranya seakan sedang dihakimi sepihak bahwa dirinya wanita baik-baik. Padahal, saudaranya itu sedang menahan sakitnya kontraksi sambil menangis merintih kesakitan. Belum lagi pertanyaan, “sudah berhubungan sama berapa cowok, Bu?” membuat telinga panas mendengarnya.

Sang pengunggah video tersebut menceritakan, pelecehan yang dialami oleh saudaranya itu bukan hanya dilakukan oleh satu orang nakes saja. Saat itu, ada sekitar 3 hingga 5 orang nakes yang seakan saling melempar kata-kata tak pantas pada pasien.

Menurut @stevfanywijjaya, semua nakes itu sama sekali tak memiliki moral dan etika. Namun yang membuatnya sangat marah adalah saat mereka mengecek pembukaan sambil mengatakan, “keputihannya banyak banget.”

Celotehan itu kemudian ditimpali oleh salah satu bidan yang juga berada di ruangan yang sama, “ih, jorse.”

@stevfanywijjaya mengaku memiliki sepotong video yang hendak dijadikan bukti pelecehan terhadap saudaranya yang tengah hamil tersebut. Namun ia berdalih tak bisa merekam lebih lama karena sempat diancam oleh petugas keamanan Puskesmas terkait Undang-undang.

Tanggapan warganet mengenai video yang tengah viral tersebut

Tentu saja banyak warganet yang memberikan beragam komentar terkait video itu. Tak sedikit pula yang menilai perlakuan itu tak pantas dilakukan oleh tenaga kesehatan.

"Saya bidan juga dan menurut saya memang tidak pantas bertanya seperti itu, biarlah itu urusannya pasien. Kita cukup melaksanakan kewajiban saja," tulis @FiitRiia Wulandarii.

"Setahu ku BPJS enggak pernah punya aturan begitu. Siapa saja boleh deh kayaknya menggunakan BPJS selama dia sudah membayar iurannya," tulis @Ira_Juntak.

"Tidak seharusnya seorang petugas kesehatan berbicara dan berperilaku seperti itu," tulis @Julia Gouw.

"Sebagai sesama bidan, saya jadi malu. Memang etika para bidan Puskesmas ini perlu dibina, waktu saya mahasiswa 70 persen kita praktik di Puskesmas memang itu nyata adanya. Mereka judes-judes banget heran kenapa kok begitu padahal digaji dengan layak," tulis @eliseehosianna.

Menurut pernyataan IBI, nakes sudah meminta maaf

Terkait kasus yang tengah ramai dibicarakan ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengaku sedang melakukan penelusuran lebih lanjut. IBI juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jakarta Barat terkait kejadian di salah satu Puskesmas tersebut.

Berdasarkan informasi dari IBI pula, bidan yang sempat melontarkan perkataan tak sopan ke ibu hamil tersebut sudah meminta maaf.  

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seorang Bocah Hanyut di Gorong-Gorong Demi Sandal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X