• Sabtu, 4 Desember 2021

Ngeri! Ini Lho Risiko Mengonsumsi Mi Instan Dicampur Nasi

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 10:38 WIB
Mi instan dicampur nasi (Mahri Priyatno)
Mi instan dicampur nasi (Mahri Priyatno)

Mi instan adalah salah satu jenis makanan yang paling populer di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena penyajiannya yang super mudah, praktis, dan cepat, mi instan bisa disajikan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang seringkali digunakan saat menyajikan mi instan adalah dipadukan dengan nasi putih.

Hal ini kerap dilakukan karena memang banyak masyarakat yang menganggap jika mi instan bisa menggantikan nasi. Namun perlu diketahui, bahwa sebenarnya tindakan semacam ini cukup berbahaya untuk dilakukan. Pasalnya, mengonsumsi mi instan menggunakan nasi bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan. Tentu saja gangguan yang terjadi bisa merugikan di masa yang akan datang.

Lantas, gangguan seperti apa sih yang bisa saja terjadi? Berikut ini beberapa alasan mi instan tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan nasi yang dikutip dari berbagai sumber.

Mi instan dan nasi mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga berisiko menumpuk di tubuh

Perlu diketahui, bahwa di dalam 100 gr nasi mengandung 152 kalori. Sementara dalam satu bungkus mi instan umumnya mengandung 350 kalori. Apabila secara sadar dikonsumsi bersamaan, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kemungkinan besar mencapai lebih dari 500 kalori. Jika konsumsi mi instan dan nasi ini dilakukan secara terus-menerus, risiko paling parah adalah terjadinya obesitas.

Terjadinya kerusakan pada jantung

Tak bisa dipungkiri, jika obesitas seperti yang disebutkan di atas bisa memicu munculnya jenis penyakit lain. Salah satu jenis penyakit tersebut adalah kerusakan di bagian jantung. Padahal, jantung merupakan organ vital yang patut dijaga dengan baik kesehatannya.

Bukan itu saja, obesitas juga terbukti mampu memicu timbulnya jenis penyakit berbahaya lain. Mulai dari tekanan darah tinggi, sesak napas, hingga kanker yang sangat membahayakan nyawa.

Konsumsi mi instan dan nasi secara berlebihan berisiko memicu diabetes

Halaman:

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X