• Sabtu, 4 Desember 2021

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi Biasa Maupun Bawaan

- Kamis, 30 September 2021 | 07:20 WIB
Cara Menyembunyikan Aplikasi
Cara Menyembunyikan Aplikasi

Sebagai pemilik perangkat tentu kita tidak terus memegang ponsel, sehingga beberapa kali Smartphone kita juga dipinjam teman untuk kebutuhan tertentu, mulai dari pinjam perangkat untuk kebutuhan mendesak, atau mungkin juga terkadang kepo secara mendalam hingga isi daripada aplikasi tersebut.

Akan tetapi hal yang demikian tentu saja tidak baik, karena HP Android atau iPhone yang dimiliki merupakan sebuah privasi sehingga ada beberapa yang mungkin tidak ingin diketahui orang lain. Maka dari itu dalam pembahasan berikut akan disampaikan mengenai cara menyembunyikan aplikasi agar privasi kalian tetap aman.

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP ini sendiri sangat mudah, dan ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, diantaranya yakni:

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Cara Mudah dan Cepat

Untuk cara berikut tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, dikarenakan kita memanfaatkan beberapa fitur yang memang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut.

  • Pertama kalian buka aplikasi Pengaturan
  • Setelah itu kalian pilih menu aplikasi
  • Kemudian tap Application Manager
  • Lalu kalian menuju tab All dan klik aplikasi mana saja yang ingin kalian sembunyikan
  • Pilih Disable untuk mulai menyembunyikannya

Sembunyikan Aplikasi Bawaan

Untuk kalian yang mungkin kurang suka dengan aplikasi bawaan dimana sering menjadi aplikasi default guna membuka file dengan ekstensi tertentu, maka kalian bisa mencoba langkah berikut untuk mematikan dan menyembunyikannya.

  • Pertama buka aplikasi Setting atau Pengaturan ponsel
  • Kemudian kalian masuk ke menu Aplikasi
  • Setelah itu kalian akan dihadapkan dengan beberapa menu, pilih menu Perangkat (Devices)
  • Jika sudah, kalian pilih Application Manager dan klik tab All
  • Berikutnya kalian pilih aplikasi yang ingin dimatikan dan klik Disable

Sembunyikan Aplikasi dengan Bantuan

Berikutnya kalian bisa menyembunyikan aplikasi tertentu dengan baik tanpa harus mematikannya dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. Ada beberapa yang bisa kalian pilih, beberapa diantaranya yakni:

  1. AppLock

Bukan cuman bisa membantu kalian sembunyikan aplikasi saja, melainkan dengan bantuan aplikasi android berikut kalian juga bisa menyembunyikan beragam file dan data pribadi lainnya yang tidak ingin diketahui orang lain.

  1. PrivateMe

Berikutnya ada PrivateMe dimana bisa membantu kalian dalam menyembunyikan aplikasi tertentu yang telah terpasang pada perangkat. Aplikasi ini memiliki pengoperasian yang gampang, sehingga mudah bagi pengguna baru untuk memakainya. Bahkan PrivateMe juga memiliki dukungan terhadap Android versi lama, sehingga perangkat Lollipop masih bisa memakainya.

  1. Apex Launcher

Meski pada dasarnya ini merupakan aplikasi Launcher, namun ada beberapa fitur menarik di dalamnya, termasuk menyembunyikan aplikasi untuk lebih menjaga perangkat kalian dari intipan orang lain.

Halaman:

Editor: Mahri Priyatno

Tags

Terkini

X