• Kamis, 28 Oktober 2021

Berhasil Dapatkan Rating Tertinggi di Netflix, Ini Alasan Squid Game Mendadak Viral Di Seluruh Dunia

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 12:10 WIB
Penyebab Squid Game viral  (Mahri Priyatno)
Penyebab Squid Game viral (Mahri Priyatno)

Squid Game jadi salah satu serial drama Korea yang cukup viral belakangan ini. Bukan hanya di Indonesia, serial yang ditayangkan oleh Netflix ini juga laris di berbagai negara.

Sebenarnya, apa itu Squid Game dan mengapa serial ini begitu populer di seluruh dunia? Bukan hanya para pecinta drama Korea, tetapi banyak juga pecinta film hingga anak-anak pun seakan terbius dengan tayangan bergenre survival ini.

Squid Game merupakan serial asal Korea Selatan yang baru mulai tayang di bulan September 2021 lalu. Serial yang tiba-tiba mendunia ini dibuat dalam sembilan episode mendebarkan.

Serial ini menceritakan tentang sekumpulan penduduk Korea Selatan yang memiliki permasalahan finansial. Mulai dari utang di bank hingga rentenir. Umumnya, orang-orang ini tidak punya jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun tiba-tiba, mereka diajak memainkan beberapa permainan masa kecil di suatu wilayah terpencil. Permainan ini menawarkan hadiah lebih dari 45 miliar won.

Meski jenis permainannya sangat umum dimainkan oleh anak-anak asal Korea Selatan, tetapi ternyata ada risiko cukup besar yang harus ditanggung setiap pemain. Pemain yang kalah dalam permainan harus mati secara sadis.

Kendati penuh adegan berdarah dan membuat tercengang, serial Squid Game ini nyatanya mampu menyita perhatian banyak penggemar film di seluruh dunia. Bahkan, serial ini telah menduduki puncak rating tertinggi Netflix secara global sejak 24 September 2021 lalu.

Bahkan menurut pihak Netflix sendiri, Squid Game diperkirakan bakal menjadi serial paling populer yang pernah ada dalam sejarah.

Mengingat kepopulerannya di jagat dunia maya, tak heran jika kemudian Squid Game dibandingkan dengan banyak film dan serial sejenis. Mulai dari Hunger Games, film thriller asal Jepang berjudul Battle Royale, hingga sesama serial Netflix yaitu Alice in Borderland.

Bukan hanya mengusung cerita yang penuh strategi pelik nan mendebarkan, Squid Game berhasil menarik perhatian khalayak karena menggambarkan Korea Selatan kontemporer dengan apik.
Sang sutradara, Hwang Dong-Hyuk sempat mengatakan bahwa Squid Game adalah alegori atau fabel tentang kehidupan masyarakat kapitalis modern. Serial yang benar-benar menggambarkan soal persaingan ekstrem tetapi dibuat dalam bentuk permainan sederhana sekaligus mudah dimengerti.

Penyebab Squid Game begitu digandrungi berbagai kalangan di seluruh dunia

Tak sedikit kritikus yang menyukai serial Squid Game. Bahkan, peringkatnya terbilang sempurna atau 100 persen di Rotten Tomatoes. Jo Elfving-Hwang, Direktur Pusat Penelitian Korea yang ada di Australia Barat berpendapat, Squid Game dengan cerdik berhasil menggabungkan antara unsur K-Drama dan film Korea.

Alasan itulah yang membuat Squid Game mendadak viral. Tema dilumpuhkan oleh utang sangat relate dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Ketika Hollywood sedang meluncurkan remake atau film superhero yang tiada habisnya, Squid Game justru hadir dengan sajian konten yang berbeda.  

Cynthia Wang selaku penulis budaya pop turut menyatakan pendapatnya. Bagi Cynthia, orang-orang saat ini menginginkan cerita yang orisinal dan kreatif. Akan tetapi, mereka tidak bisa menemukannya dalam produksi film waralaba raksasa. Justru, mereka menemukannya di Squid Game.

Di samping itu, mengutip dari Fast Company, acara yang dibuat oleh Hwang Dong-Hyuk ini menjadi terkenal karena menyentuh tema serupa dari keputusasaan. Squid Game juga menyajikan eksploitasi kelas bawah yang berhasil dieksplorasi lebih lanjut oleh ekspor Korea Selatan demi mengambil alih dunia.

Tema ini dinilai sangat mirip dengan film Parasite. Tema perjuangan masyarakat kelas bawah memang tak lekang waktu. Bahkan bisa jadi populer beberapa tahun belakangan karena adanya ketidaksetaraan yang melebar di banyak tempat di seluruh penjuru dunia.

Editor: Mahri Priyatno

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sinopsis dan Link Streaming Film In Time Sub Indo

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 13:48 WIB

Link Nonton dan Sinopsis Her Private Life

Kamis, 30 September 2021 | 06:22 WIB
X